Sebelum Membeli Smartphone Ori, Ini Dia 5 Hal yang Harus Kamu Selidiki!

Tag

, , , , ,


Pada tahun 2017 ini hampir seluruh masyarakat Indonesia sudah memiliki dan menggunakan Smartphone sebagai alat komunikasi canggih nan pintar dalam kehidupan sehari-hari. Mulai untuk berkomunikasi, belajar online, membaca berita, melakukan bisnis, hingga stalking gebetan.

Saking pesatnya perkembangan dunia teknologi, bagi mereka yang nge-hits banget dan menyukai Smartphone Flagship tak akan ragu lagi untuk mengganti ponsel pintar tersebut dengan keluaran terbaru. Hari ini menggunakan iPhone 6, besoknya sudah mengganti dengan iPhone 7 dan begitu pula seterusnya. Salahkah? Enggak dong selama memiliki dana yang cukup dan tidak merugikan orang lain.

Kalau dipikir-pikir , nggak salah juga bagi kita untuk mengganti ponsel jadul dengan Smartphone tipe terbaru yang lebih mutakhir. Sederhana saja, semakin canggih produk Smartphone yang dikembangkan, maka manfaat yang ditawarkan pada konsumen lebih baik dari sebelumnya bukan? Nah, kalau begitu maka ada beberapa hal yang harus diperhatikan secara saksama nih sebelum membeli Smartphone supaya tidak terjebak dengan produk palsu. Eh, tapi kenapa sih?

Pasalnya, semakin banyak permintaan konsumen terhadap Smartphone, semakin gencar pula berbagai perusahaan tekno yang mati-matian membuat duplikatnya, alias aspal (asli tapi palsu). Hah? Memang ada? Tentu saja ada, bahkan banyak banget lho peredaran ponsel pintar palsu di pasaran. Terus gimana nih cara membedakannya? Tenang saja. Buat kamu yang awam tentang Smartphone bisa banget baca sejumlah ulasan penting tentang dunia gadget dari  Sinyaliti. Selain itu, 5 tips ini bisa kamu gunakan sebagai senjata pamungkas sebelum membeli Smartphone. Ya.. biar nggak kejebak dengan produk palsu tentunya.

  1. Selidiki harga yang sebenarnya
    Free stock photo of smartphone, technology, mockup, apps

    pexels.com

    Semua Smartphone yang dikeluarkan langsung oleh perusahaan memiliki spesifikasi dan rincian harga yang sudah ditetapkan. Kamu bisa membaca ulasan atau ringkasan tentang gadget yang ingin dibeli pada berbagai web atau situs tepercaya. Kalau harganya jauh dari harga asli, kemungkinan besar smartphone itu palsu dan tidak ori. Misalnya nih kamu mau beli LG Q6, maka wajib hukumnya membaca spesifikasi produk tersebut.

  2. Tanyalah pada Customer Service perusahaan tempat produksi Smartphone itu melalui media sosial
    Black Htc Android Smartphone on Macbook Air

    pexels.com

    Salah satu cara perusahaan Smartphone menjaring para calon pembelinya adalah menyediakan ruang QnA atau Question and Ask melalui media sosial seperti Facebook, Twitter, dan Website-nya langsung. Para calon pembeli bebas bertanya tentang produk yang mereka cari dan inginkan. Seperti halnya yang dilakukan oleh Smartfren dari waktu ke waktu. Para CS menyarankan para calon penggunanya agar membeli langsung di Outlet mereka. Selain terhindar dari produk palsu, konsumen juga diberikan berbagai jaminan yang menjanjikan dan tentu produk yang asli.

  3. Nomor IMEI
    cara-membedakan-smartphone-asli-dan-palsu (1)

    via Jalan Tikus

    Dikutip dari Jalan Tikus, Smatphone memiliki kode International Mobile Equipment Identity (IMEI). Cara mengeceknya, kamu bisa dial *#06# di smartphone. Jika muncul angka yang sesuai, berarti smartphone kamu memang asli. Namun jika tidak, maka smartphone kamu palsu.

  4. Buku Petunjuk
    cara-membedakan-smartphone-asli-dan-palsu (3)
    Sebagai pengguna pastinya memerlukan buku petunjuk untuk belajar ya? Tetapi pernahkah kamu memerhatikan kalau buku petunjuk bisa menjadi penanda Smartphone yang kamu beli itu palsu atau asli? Rupanya, menurut Jalan Tikus, Manual book atau buku petunjuk penggunaan smartphone asli harusnya menggunakan bahasa yang sesuai dengan target pasarnya. Hal ini bertujuan supaya mudah dipahami oleh penggunanya.
  5. Kemasan adalah nomor satu
    Image result for kemasan smartphone palsu

    sumber oleh kusnendar.web.id

    Kenapa gitu harus kemasan? Soalnya kemasan atau box adalah tampilan pertama saat kita membeli Smartphone. Tampilan letaknya di luar, jadi bisa dibilang adalah penanda awal sebelum melihat produk yang ada di dalamnya. Untuk ukuran asli, perusahaan cenderung memberikan kemasan yang cukup elegan dan memiliki potongan anti cacat beserta warna yang lebih cerah. Tidak miring atau pun bergeronjal. Beda nih sama yang palsu, cenderung tidak rapi dan terlihat kacau. Bahkan memiliki warna yang agak pucat dan cenderung buram.

 

Serangkaian Cara Jitu Untuk Menurunkan Berat Badan Saat Bulan Puasa

Tag

, , , , ,


Banyak yang beranggapan bahwa bulan puasa ini bisa jadi waktu yang tepat untuk menurunkan berat badan. Kamu sempet kepikiran kayak gitu juga nggak? Tapi program ini rupanya tak semudah yang dibayangkan lho! Sebab, kita tidak bisa menampik ya kalau hendak berbuka puasa, banyak banget makanan yang tersaji di atas meja. Mulai dari gorengan, manisan, masih ditambah makanan-makanan berat lainnya. Waduh, gimana berat badan mau turun ya? Yang ada justru sebaliknya! Padahal kan usai puasa menyambut lebaran dan penampilan harus lebih sehat dan oke supaya lebih mudah dalam memilih baju. Tapi, kamu nggak perlu khawatir, cobain deh cara di bawah ini:

Menetapkan Jumlah Makanan Berkalori Tinggi Yang Boleh Dikonsumsi

Brownie With NutsImage: unsplash.com

Pernahkah kamu melakukan metode ini sebelumnya? Kalau aku sering nih. Jadi setiap hari itu aku tidak selalu sama mengkonsumsi makanan berkalori tinggi dengan jumlah yang sama, melainkan harus disesuaikan dengan aktivitas. Kalau aktivitas malam nanti berat dan butuh banyak asupan makanan, maka 1-2 gorengan dibolehkan, tetapi jika aktivitas lebih banyak di kamar dan berdiam diri maka lebih baik cukup satu gorengan atau tidak sama sekali. Hal ini bertujuan agar kalori yang mengendap dalam tubuh tidak menjadi lemak, sehingga menyebabkan gemuk. Kalau buat aneka kue manis? cara kerjanya sama dengan gorengan tadi.

Utamakan Makanan Berserat

Free stock photo of food, plate, salad, healthyImage: pexels.com

Makanan berserat sangat penting dan memegang peranan utama lho dalam melancarkan proses pencernaan, terutama masalah BAB. Sebaliknya, jika kekurangan makanan berserat maka dapat terkena masalah pencernaan, kulit kusam, mudah ngantuk, dan sebagainya. Misalkan saja nih sulit melakukan BAB, tentu kita tahu bagaimana keadaan perut kan? terlihat besar dan terasa penuh. Belum lagi kita nggak tahu, makanan yang sudah kita santap benar-benar berdampak buruk atau enggak buat tubuh. Nah, di sinilah letak kelebihan makanan berserat, selain membantu mengurangi penumpukan racun, juga membantu program penurunan berat badan kita. Pengalaman saja seperti ibuku, beliau membeli obat peluruh lemak karena kerap susah BAB (Buang Air Besar). Katanya obat tersebut membuang seluruh racun yang mengendap dalam usus melalui feses. Padahal, normally buang air besar pada manusia adalah sehari satu kai setiap pagi. Kendati begitu, dari pada pada ketergantungan obat, lebih baik gunakan cara alami yang lebih sehat.

Hindari Tidur Pagi Setelah Sahur


White Bed Linen
Image: pexels.com

Ini adalah hal yang harus kamu hindari dan jangan pernah dilakukan sekali pun kecuali darurat seperti usai melaksanakan lembur. Tidur pagi setelah sahur atau subuh akan membuat seluruh kalori dan gula yang disantap dalam bentuk nasi dan lauk mengendap begitu saja menjadi lemak, karena tidak diubah menjadi energi. Akibatnya, jika dilakukan secara terus menerus maka mampu menaikkan berat badan dan memicu penyakit diabetes. Sebaiknya usai sahur atau salat subuh, hendaknya melakukan pekerjaan rumah atau olah raga ringan supaya badan tampak prima.

Olah Raga atau Melakukan Pekerjaan Rumah

Aku tidak selalu melakukan keduanya dalam sehari, tetapi tergantung dengan kebutuhan tubuhku. Apalagi bila dikaitkan dengan menurunkan berat badan saat puasa, maka lakukan salah satunya. Ketika banyak pekerjaan rumah yang harus diselesaikan aku memilih untuk tidak olah raga, sebab seluruh aktivitas tersebut juga masuk bagian membakar kalori. Misalkan saja, mengepel lantai dapat membakar kalori sebanyak 108-240. Mencuci piring dapat membakar kalori 110, dan membersihkan kaca juga dapat membakar kalori sejumlah 150 bahkan lebih. Selama pembakaran kalori terus berjalan, maka kemungkinan tubuh untuk gemuk juga semakin menipis. Begitu juga dengan ola raga, saat pekerjaan rumah tidak ada maka lakukan beberapa kegiatan seperti jogging pagi, senam aerobik, dan sejenisnya. Jangan menekankan seberapa besar olah raga tersebut, tetapi lebih condong pada rutinitasnya.

Ganti Minuman Manis Dengan Air putih

Mau berat badan segera turun memang butuh perjuangan dan kedisiplinan. Salah satunya adalah mengganti minuman manis seperti sirup, teh manis, dan sejenisnya dengan air putih. Lalu gimana caranya mengembalikan stamina tubuh usai seharian penuh puasa? Makanlah 3 buah kurma. Selain merupakan sunnah Nabi, kurma juga akan membantu menyegarkan tubuh kembali, sehingga tidak perlu ditambah dengan minuman manis lainnya yang akan menambah asupan kalori dan gula dalam tubuh.

Beri Jarak Ketika Hendak Makan Besar

Usai menyantap kudapan untuk membatalkan puasa saat berbuka, tentu kamu masih pengen menyantap makanan besar kan? Nah, soal ini jangan terburu-buru ya. Sisakan beberapa waktu, minimal 20 menit agar tubuh mencerna makanan yang sudah masuk terlebih dahulu. Setelah itu barulah makan. Biasanya lebih baik dilakukan usai salat maghrib berjamaah. Namun tetap harus ingat ya, makanlah secukupnya jangan berlebihan.

Dari serangkaian metode yang kujalani di atas, berat badanku turun hingga 1/2 KG dalam waktu 11 hari. 

Ini Dia 6 Rahasia Yang Wajib Kamu Lakukan Biar Badan Tetap Sehat Pada Bulan Puasa!

Tag

, , , , ,


Bulan suci ramadan atau bulan puasa ini tentunya kita bakal dihadapkan dengan segala jenis makanan yang enak-enak dan yummy di lidah ya.. belum lagi ditambah segala aktivitas padat lainnya. Namun, tahukah kamu bahwa faktor makanan dan kebiasaan buruk pada bulan ramadan memiliki pengaruh besar bagi kesehatanmu? Misalnya saja sering menguap karena terlalu banyak mengkonsumsi makanan berkarbohidrat tinggi padahal aktivitas malam sedikit atau badan jadi terasa lemas akibat tidur usai sahur. Hal seperti itu pasti membuat kondisi fisik jadi tidak baik, bahkan berakibat fatal di masa mendatang. Maka dari itu, yuk hillangkan kebiasaan buruk tersebut dan kita ganti dengan tips bulan puasa sehat berikut ini:

Seimbangkan Nasi Putih Dengan Nasi Merah

Red Tomato Beside Leafy Vegetablesumber foto oleh pexels.com

Kenapa sih harus nasi merah? Sebab, Nasi merah mengandung glukosa yang sangat rendah tetapi kaya serat. Bahkan berkhasiat mengendalikan gula darah dalam tubuh. Nasi putih yang dicampur dengan nasi merah akan memiliki kombinasi kebutuhan karbohidrat dan serat yang seimbang. Ambil setengah nasi merah dan nasi putih atau bisa juga menggunakan perbandingan 60:40 bagi yang menjalankan diet. Serat yang dimiliki nasi merah akan memperlancar kinerja pencernaan sehingga tubuh tidak kesulitan dalam proses buang air besar. Sementara glukosa dibutuhkan tubuh dalam membentuk vitamin dan hormon. Jadi, keduanya sama-sama penting. Selain itu, kalau enggan atau tidak suka mengkombinasikan keduanya dalam satu pirng masih ada cara lain lho! Yakni teknik shifting atau mengubah jam konsumsi nasi merah dan putih. Waktu makan malam lebih disarankan dengan nasi merah karena aktivitas bisa dikatakan sedikit, sehingga tubuh tidak banyak menyerap gula tambahan dari makanan dan serat tetap terpenuhi. Ketika sahur, maka gunakan nasi putih biasa sebagai sumber energi utama, sebab aktivitas pagi hingga sore tentu lebih padat.

Utamakan Buah-buahan Ketika Berbuka Puasa

chopping board, cup, dessertsumber foto oleh unsplash.com

Kurma merupakan makanan yang disunnahkan Rasulullah SAW ketika seseorang hendak berbuka puasa. Kenapa sih dianjurkan oleh Nabi? Sebab, kurma ini mengandung banyak khasiat, salah satunya adalah mengembalikan stamina tubuh setelah sehari penuh menjalankan ibadah puasa. Setelah kurma, maka tidak ada salahnya memakan buah-buahan segar seperti anggur, apel, dan sejenisnya. Buah-buahan memang lebih baik dimakan sebelum menyantap nasi dan makanan berat lainnya, agar sumber vitamin, mineral, dan sebagainya dapat terserap maksimal oleh tubuh. Mengkonsumsi buah-buahan juga otomatis akan mengurangi keinginan untuk menyantap nasi dan makanan berat lainnya, yang dikhawatirkan berakibat buruk bagi tubuh.

Tidak Tidur Usai Sahur Meskipun Kantuk Menyerang

People on Concrete Road during Daytimesumber foto oleh unsplash.com

Mengantuk usia sahur atau salat subuh biasanya dialami oleh sebagian besar masyarakat. Baik anak-anak, dewasa, hingga tua sekali pun. Hal ini bisa dipicu oleh jenis makanan yang dikonsumsi, tiru larut malam, dan jumlah kalori yang masuk ke dalam tubuh. Kalau udah ngantuk berat terus gimana ya? Saat mengantuk, langsung saja gerakkan tangan dan kaki atau lakukan jogging supaya kalori yang menumpuk diubah menjadi energi. Selain olah raga, kita dapat melakukan pekerjaan rumah seperti menyapu, mengepel, dan mencuci piring. Kegiatan tersebut juga mampu membakar kalori sebanyak 105-280 kalori. Hindari menempel atau duduk di atas tempat tidur karena akan memberikan sugesti bahwa “tidur sebentar sepertinya nggak masalah.” Pengennya tidur lima menit, eh.. kebabalsan!

Gunakan Pelembab Bibir & Wajah

beauty, lipstick, make-up

Kurangnya kebutuhan mineral dari luar dan paparan sinar matahari tentu bisa memicu dehidrasi. Untuk mencegahnya, bisa dengan cara menggunakan pelembab wajah dan bibir. Pelembab akan menjaga keseimbangan ph kulit dari luar tanpa mendapat asupan dari makanan. Badan tampak sehat dan segar pastinya. Tenang, tidak akan membatalkan puasa kok!

Istirahat Sejenak Pada Siang Hari

Istirahat bukan berarti tidur, melainkan membuat badan rileks sebentar dari lelahnya kegiatan yang sudah dijalani mulai dari pagi sampai siang hari. Menurut beberapa ahli, mengistirahatkan badan sejenak di siang hari antara 5-15 menit dapat mencerdaskan otak sekaligus menyegarkan performa fisik kembali.

Hindari Rokok & Jenis Makanan Tinggi Gula

baked, baking, boxsumber foto oleh tofros.com

Sudah bukan rahasia lagi bahwa merokok dapat menyebabkan berbagai macam penyakit seperti kanker paru-paru, serangan jantung, dan gangguan liver. Padahal saat puasa tubuh diistirahatkan selama satu bulan penuh dari berbagai ancaman penyakit yang mematikan. Mulai dari rokok, intensitas makan, serta gaya hidup yang tidak sehat. Berhentilah merokok selama satu bulan agar bulan berikutnya terbiasa lepas dari rokok. Hal ini mampu dijadikan terapi demi mengembalikan kesehatan tubuh agar normal kembali. Karena dampak merokok memang kasatmata, tetapi akan terasa setelah bertahun-tahun lamanya. Selain rokok, makanan yang tinggi gula juga lebih baik tidak dikonsumsi berlebih. Slogan ‘berbuka yang manis-manis’ bukanlah sebuah anjuran dalam berpuasa, akan tetapi muncul pertama kali saat iklan sebuah produk hadir di televisi. Makanan yang tinggi gula, apabila dinikmati dalam jumlah banyak mampu menaikkan kadar gula dalam darah. Akibatnya, sering kencing, mudah lapar, haus, dan kehilangan berat badan secara drastis. Jadi konsumsi sewajarnya saja ya.

 

 

 

Memanfaatkan Barang Impian Untuk Menyelesaikan Misi Hidup Melalui ShopBack

Tag

, , , , , ,


Dalam hidup saya, setiap tahun selalu ada target yang ingin dibeli dan mendapatkan barang-barang sesuai dengan kebutuhan sehari-hari. Bagi saya, setiap benda yang digunakan akan memiliki manfaat besar apabila kita tahu cara menggunakan atau memakainya. Terlebih lagi, benda tersebut mampu menunjang kekurangan-kekurangan yang kita dapati setiap hari. Sebab, setiap manusia tentu berusaha agar ia memiliki waktu seefektf dan seefisien mungkin meskipun terganjal oleh berbagai kendala. Seluruh pekerjaan yang di-handle secara cepat sekaligus tepat akan menghasilkan sisa waktu yang nanti akan saya gunakan untuk mencapai target lain, begitu pula seterusnya. Oleh karena itu, saya memerlukan benda-benda di bawah ini agar target saya setiap bulan, tahun, dan di masa mendatang dapat diraih tanpa harus menganggu kegiatan yang lain. ShopBack, tolong bantu saya ya mendapatkan barang-barang di bawah ini:

  1. Savello Office Chair SELCO ST0 – Cokelat

    Akibat sering menggunakan laptop dengan cara tengkurap di atas tempat tidur selama berbulan-bulan, pada akhirnya mata saya mengalami pengendoran syaraf, pedas, dan bengkak di bagian luar akibat posisi yang salah dan berujung membahayakan organ vital tersebut. Ya, karena pekerjaan baru dalam bidang menulis, mengharuskan saya duduk berjam-jam di depan monitor dan menyelesaiakn deadline. Alih-alih karena belum memiliki kursi impian, saya mencoba berganti-ganti posisi dan paling sering adalah tengkurap di atas tempat tdiur sembari menghadap internet. Saya berpikir bahwa kursi kerja itu harus bisa saya dapatkan, sehingga perlu dan harus berusaha keras menabung agar mampu membeli barang impian itu. Penuh tekad dan keyakinan, saya pun memforsir diri sendiri agar mampu menghasilkan banyak tabungan dan suatu hari dapat memboyong kursi itu ke rumah. Namun, baru-baru ini kebiasaan buruk itu terendus oleh ibu dan saya dipaksa istirahat menggunakan laptop terlalu lama. Padahal cita-cita saya menjadi penulis sangatlah besar.

  2. Asus Mini PC VivoPC VM62-G174M – 4GB – Intel Core i3 


    Saya berpikir bahwa keuntungan menggunakan laptop adalah mampu di bawa ke manapun serta tetap on meski mati lampu saat deadline menulis begitu dekat atau ada suatu pekerjaan yang mengharuskan membawa perangkat tersebut. Namun karena menulis tidak dapat dipisahkan dari internet sebagai sumber referensi untuk melengkapi data, lama-lama laptop saya mengalami kondisi seperti laptop lainnya yang sangat cepat panas dan baterei pun ikut terpengaruh. Terlalu lama menggunakan laptop pada bidang yang saya geluti rupanya kurang cocok dan justru membuat baterei boros dan bila mengganti baterei baru pun tentu bukanlah solusi tepat. Saya putuskan memilih ASUS MINI PC yang bandel dan mampu bertahan lama meski dalam keadaan on atau digunakan berselancar di internet. Pekerjaan tentu akan mudah dilakukan apabila ditunjang dengan perangkat yang sesuai kapasitas dan tentu memilih shopping melalui ShopBack.

  3. GILINGAN MI MOLEN PANGSIT STENLESS AMPIA

    Memasak merupakan salah satu cara terbaik bagi saya dan ibu untuk melepas stress di tengah-tengah pekerjaan berat yang menuntut selalu prima baik fisik maupun pikiran. Mengingat hal itu, kami sepakat untuk mencari jalan keluar yang bisa dikerjakan bersama tanpa menguras banyak biaya atau waktu dan jatuhlah pada hobi memasak. Kapan pun ada waktu untuk memasak bersama, saya dan ibu senantiasa melakukannya meski di hari aktif sekali pun. Usai mengajar atau selesai bekerja kami biasanya membuat kudapan atau camilan untuk keluarga yang beranggotakan enam orang. Ibu paling suka membuat aneka gorengan seperti molen, pastry, dan sejenisnya. Saya pun tidak jauh dari ibu yang menyukai dunia pastry and bakery atau aneka roti. Bekal saya adalah resep masakan sehat dengan komponen yang dibuat secara alami serta higinies. Saya masih ingat betul, kemarin lalu ibu ingin sekali membuat mie sehat yang berbahan sayuran, akan tetapi kami belum memiliki alat penggilingannya. Tidak lama kemudian setelah pembicaraan itu, kami pun memutuskan untuk pergi ke mall dan supermarket, namun benda yang dicari oleh ibu tidak sesuai ekspektasi. Tetapi sepertinya saya tidak perlu khawatir lagi karena barang impian yang dicari oleh ibu bisa didapatkan di tokopedia melalui ShopBack.

  4. tas ransel wanita

    Mengapa tas? tas ransel wanita adalah barang impian saya berikutnya yang sangat penting. Bagi syaa pribadi tas ransel merupakan tempat aman untuk meletakkan seluruh barang-barang kecil yang lain agar aman dari tangan jahil di luar sana. Selain hobi memasak, saya juga hobi mengeksplore daerah-daerah sekitar saya untuk menemukan inspirasi dan memperluas jangkaun ketika menulis alur cerita berdasarkan tata letak wilayah atau daerah. Pekerjaan ini memang berisiko karena harus membawa berbagai peralatan ketika berada di outdoor, namun saya yakin bila barang tersebut mendampingi aktivitas sehari-hari tentu akan lebih praktis dan aman dari tangan para pencuri. Bukan itu saja, ketika mengendarai motor, tas ransel menjadi opsi paling nyaman bagi punggung agar tidak memikul beban berat karena hanya perlu melonggarkan bagian selempangnya lalu disandarkan pada motor.

  5. Aprica Stroller Bayi Air Ria Luxuna – Red

    Karena usia sudah matang dan pantas untuk menikah, maka rencana di masa yang akan datang bagi rumah tangga saya dan suami, saya pun mengatakan padanya bahwa barang impian saya bila nanti diberikan rejeki oleh Tuhan (buah hati yang lucu-lucu dan menggemaskan) maka saya ingin sekali memiliki Stroller, terutama warna merah. Sebab saya suka sekali warna merah, sesuai dan pas dengan tim kesayangan saya di Liga Inggris. Stroller sangat penting bagi saya dan suami untuk mengajak buah hati kami berpetualang di luar atau menjaganya dengan jarak dekat ketika sibuk dengan berbagai urusan pekerjaan di rumah. Dulu waktu masih kecil saya diletakkan oleh ibu di stroller dan kata beliau saya lekas tidur cepat karena merasa nyaman.

Barang-barang di atas tidak akan mampu saya peroleh begitu saja tanpa ShopBack. Apa itu ShopBack? ShopBack merupakan online platform yang memberikan CashBack berupa potongan harga kepada pembeli yang biasa berbelanja di website-website marketplace Indonesia, seperti Lazada, Tokopedia, Tiket.com, Blibli, Alfacart, Elevenia dll. Potongan harga nantinya akan disesuaikan dengan marketplace yang dipilh dan yang paling penting adalah Ketika berbelanja online melalui ShopBack, pihak platform akan mengembalikan sebagian uang yang sudah dibayar dalam bentuk Cashback atau uang kas. Ini berarti kita bisa berhemat dengan mendapatkan uang ekstra yang tak terbatas setiap kali ingin belanja online melalui ShopBack! Wah, menggiurkan sekali ya..

Dalam berbelanja online kita dituntut untuk informatif, terpercaya, dan transparan agar tetap selamat meskipun melakukan jual beli di media sosial. Lebih luasnya lagi, ada hal-hal yang harus diperhatikan dalam membeli barang yang kita inginkan melalui aktivitas online. Salah step, maka kemungkinan terjebak dalam penipuan, baik barang tidak sesuai harapan atau pihak marketplace beserta platform penghubung melalukan tindakan curang. Oleh karena itu, kita sebagai konsumen harus melakukan beberapa cara supaya belanja tetap aman, harga terjangkau dan selamat sampai rumah:

  • Pastikan marketplace yang kita pilih termasuk dalam daftar tempat jual beli online meyakinkan. Jangan pernah ragu untuk bertanya melalui forum tanya jawab yang disediakan atau menghubungi pihak admin di media sosial tempat biasa mereka melakukan promosi. Sesepele apa pun pertanyaan tersebut, jangan pernah ragu agar kita tidak mengalami kerugian panjang.
  • Gunakan platform online yang mudah diaplikasikan dalam keadaan darurat sekali pun, sebab efisiensi waktu merupakan hal penting demi menghadapi kekhawatiran/musibah yang dapat terjadi sewaktu-waktu. Misalnya ShopBack.
  • Meminta review pada teman atau sahabat tentang situs belanja online yang aman dan baik. Pada umumnya mereka yang berpengalaman akan memberikan kamu banyak pertimbangan sebelum membeli barang yang diinginkan.
  • Periksa baik-baik aturan yang diterapkan oleh sebuah platform online & marketplace yang dituju. Terkadang kelemahan bukan terletak pada mereka sebagai situs penyedia, akan tetapi pada pengguna seperti kita yang tidak jeli membaca atau meremehkan aturan-aturan kecil.
  • Periksa barang sebelum memutuskan membeli. Permasalahannya adalah terkadang barang tidak sesuai dengan bayangan kita karena bahannya tipis, warna tidak sama dengan gambar yang disuguhkan dan sejenisnya. Untuk hal ini sebaiknya kita mencari sumber informasi dari dunia maya karena pabrik tidak mungkin memproduksi hanya satu barang.

Nah, dari seluruh tips dan trik dari saya di atas, maka saya rekomendasikan menyimak video yang disuguhkan oleh ShopBack untuk meringankan beban konsumen dalam berbelanja di situs marketplace besar di Indonesia.

Saya dan kalian yang ingin mendapatkan barang-barang impian seperti di atas secara aman, terpercaya dan dapat dipertanggungjawabkan kinerjanya harus terlebih dahulu mengikuti berbagai langkah yang dianjurkan. Dijamin sederhana dan sangat mudah namun berkualitas. Begini langkah-langkah mudahnya dalam menggunakan ShopBack:

  1. Klik link toko melalui situs ShopBack dan kamu akan dialihkan ke situs toko tersebut
  2. Belanja seperti biasa di situs toko tersebut
  3. Cashback akan masuk otomatis di akun ShopBack kamu dalam waktu 48 jam dengan status ‘Tertunda’
  4. Status Cashback akan berubah dari ‘Tertunda’ menjadi ‘Bisa diklaim’ setelah order divalidasi oleh pihak merchant. Perubahan status memakan waktu 30-60 hari untuk memastikan tidak ada order yang ditukar atau dikembalikan
  5. Kamu dapat meminta pembayaran setelah mengumpulkan Cashback yang bisa diklaim minimum Rp 50.000
  6. Bonus can only be cashed out when your Redeemable Cashback reaches Rp 50.000
  7. Tarik Cashback kamu ke rekening bank seperti BCA, BNI, Mandiri, dan lain-lain

    “Jika berbelanja di online platform yang memudahkan kehidupan kita, maka di sanalah tanda usaha dalam menggapai impian kian dekat. Barang impian bukan sekadar barang, akan tetapi bahu untuk memikul sebagian yang menyulitkan. Shopping? ShopBack juara kualitasnya”

 

Teknologi Yang Positif: Move On Dari Manual Ke Digital

Tag

, , , ,


 

 

Berbicara tentang perkembangan teknologi di Indonesia tidak lengkap rasanya kalau belum membahas fenomena ‘kekinian’ yang terjadi di Tanah Air. Eits, tapi yang akan saya tulis adalah di sini ‘kekinian’ yang bermanfaat dan tentunya memiliki gambaran positif agar dapat membantu pekerjaan kita sehari-hari supaya lebih mudah ya…

Sebenarnya sejak kapan sih teknologi, terutama internet mulai merambah Indonesia? Menurut Wikipedia, internet di negara kita tercinta ini mulai digunakan pada tahun 1990-an yang pada saat itu dipelopori oleh RMS Ibrahim, Suryono Adisoemarta, Muhammad Ihsan, Robby Soebiakto, Putu, Firman Siregar, Adi Indrayanto, dan Onno W. Purbo. Melalui Universitas Indonesia, mereka mendaftarkan IP (Internet protocol) pertama Indonesia. Sejak saat itulah teknologi mulai mengalami perubahan yang signifikan dari tahun ke tahun bahkan hingga saat ini.

Seorang ilmuwan, Ursula Franklin (1989) berpendapat; tekonologi merupakan suatu cara praktis yang menjelaskan tentang cara manusia dalam membuat segala sesuatunya lebih praktis. Franklin juga menyimpulkan bahwa setiap orang dapat membuat serta mengembangkan teknologi apabila mempelajarinya dengan baik. See, di abad ke-21 sekarang, teori Franklin dibuktikan dengan adanya para ahli IT yang mulai menelurkan karya-karya mereka hingga menghasilkan berbagai aplikasi yang digunakan oleh masyarakat sebagai penunjang kebutuhan sehari-hari. Berkat siapa? Tentu kerja keras dan ketersediaan teknologi dong ya..hehehe

Awal mula di era 90-an, teknologi masih menjadi hal tabu meski sudah menyusup ke beberapa wilayah di Indonesia karena meskipun keberadannya nyata, sumber daya manusia yang berfungsi sebagai penggerak dinilai belum memadai. Dibandingkan yang memanfaatkan kecanggihan teknologi, sebagian besar rakyat Indonesia masih memilih taraf ‘manual’ guna menyelesaikan kegiatan mereka. Namun bukan Indonesia namanya bila tidak cepat mengikuti pergerakan global.  Berkat kegigihan para pelajar yang konsisten mengikuti pendidikan teknologi infromasi, Teknik Informatika dasar, dan sejenisnya serta peka terhadap kemudahan berkomunikasi, diangkatlah akses digital baru yang mulai booming di tengah masyarakat luas pada tahun 2000 sampai saat ini. Sebut saja seperti penggunaan email untuk mengirim data penting, pertukaran informasi dari dunia maya hingga pengendalian peralatan rumah tangga berbasis smartphone yang sudah dipraktikkan oleh berbagai instansi sehingga mengubah wajah pendidikan Bumi Pertiwi. Wah, keren juga ya pemuda-pemudi bangsa! Tidak berhenti di situ, menurut survey yang diselenggarakan oleh situs Jobplanet, sebanyak 7.500 koresponden dalam bidang Teknologi Informasi, 64%-nya adalah wanita. Hal tersebut sangat mengejutkan sekaligus membuktikan bahwa perkembangan teknologi di Indonesia benar-benar tidak terbantahkan.

Berteknologi Sehat dan Bermanfaat

Apabila ditelisik lebih mendetail, perkembangan teknologi masa kini dapat dikatakan sudah mengakar pada seluruh sektor baik pendidikan, ekonomi, transportasi, kebudayaan, maupun ranah pemerintahan yang belakangan ini sedang gencar-gencarnya mengumpulkan data penduduk. Jadi, dilihat dari banyaknya sektor yang memilih memanfaatkan eksistensi teknologi dapat disimpulkan jika sistim manual sudah beralih pada sistim digital. Yaps, teknologi digital merupakan pengoperasian yang minim menggunakan bantuan manusia dan condong dikerjakan oleh sistim komputerisasi (otomatis) sehingga lebih cepat dalam menghasilkan & memperbarui data. Sebagai manusia yang memanfaatkan teknologi kita memiliki dua pilihan. Pertama, menjadi seorang pioneer yang melakukan suatu penelitian kemudian mengaplikasikan pada sebuah karya. Kedua, menjadi pengguna dengan beragam fasilitas yang dapat digunakan. Keduanya kembali pada diri masing-masing asal dapat dipertanggungjawabkan. Pada sektor tertentu yang menggantungkan aktivitasnya pada tekologi serta sarat dengan siklus up to date, maka kita dapat melihat beberapa perubahan yang terjadi pada:

  1. Sektor pendidikan
    Pada dunia pendidikan, teknologi berperan besar dalam membekali ilmu pengetahuan dasar para siswa. Di sisi guru dan para pihak pengajar, teknologi menyediakan layanan praktis yang memudahkan hubungan antara mereka dan siswa-siswinya. Saya ingat betul dulu pada tahun 2005, ilmu komputer serta seluruh keistimewaan yang mencakup di dalamnya (internet, dunia digital, dan lain-lain) mulai diberlakukan di berbagai sekolah wilayah perkotaan, kemudian disusul wilayah pedesaan. Di sekolah, saya mendapat pelajaran TIK (Teknologi, Informasi, Komunikasi) yang mewajibkan para siswa membuat e-mail untuk mengerjakan soal-soal online. Lalu mulai masuk jenjang SMA, separuh tugas harus bergantung pada komputer/laptop guna melengkapi tugas semacam karya tulis yang diberikan guru. Masih berkutat dengan dunia teknologi, pada awal masa perkuliahan, seorang Dosen Aplikasi Komputer saya memberikan tugas  agar membuat sebuah blog dan menuliskan sebuah artikel bertemakan ‘Korupsi’. Yaps, blog inilah yang masih aktif saya gunakan sebagai sarana lomba DUMET School, hehe. Kembali lagi ya ke sektor pendidikan.. Teknologi dalam dunia pendidikan pada generasi saya sangat jauh berbeda dengan generasi ‘kekinian’ saat ini. Dulu, kamus bahasa yang tebalnya sepersekian sentimeter tidak pernah tertinggal ketika mata pelajaran bahasa baik indonesia atau inggris berlangsung, namun kini para guru lebih suka memanfaatkan aplikasi kamus bahasa yang diunduh dari playstore sebagai pendamping masa belajar bersama muridnya. Mereka menilai penggunaan kamus digital yang mengandalkan kemewahan teknologi lebih efektif dan efisien. Bahkan di kelas  perkuliahan seorang dosen sudah tidak perlu lagi mengadakan tes secara on-desk, namun melalui aplikasi yang mereka ciptakan khusus untuk pengisian kuis, tes, dan sebagainya. Mengingat contoh tersebut, apa yang menyebabkan kondisi semacam itu dapat terjadi? Jawabannya adalah teknologi.
  2. Sektor ekonomiMungkin sektor ekonomi dapat menjadi pembahasan terpanjang dalam topik perkembangan teknologi saat ini. Sebab kita tahu bahwa hampir seluruh perusahaan baik perorangan sampai berbentuk persero yang bertindak sebagai produsen menggunakan teknologi guna mencapai range penjualan mereka. Lalu bagaimana dengan konsumen seperti saya, kita, dan kamu? Sama saja, karena hubungan penjual dan pembeli saling terkait, maka saling membutuhkan. Dimulai dari sistim pemesanan barang pada perusahaan secara online hingga menjamurnya berbagai toko online yang menyediakan jasa sesuai kebutuhan konsumen dapat kita temui atau bahkan kita termasuk bagian di dalamnya. Hayoo..ngaku hehehe.. Pemesanan digital dimaksudkan agar memudahkan aktivitas dan menuruti selera konsumen di wilayah pasar. Bahkan perusahaan-perusahaan kecil perorangan pun tak mau kalah untuk memasang digital marketing yang bertumpu pada media sosial seperti instagram, facebook, website pribadi, dan twitter. Jadi, jangan kaget ya kalau menemukan para penjual online di medsos kamu. Melihat respon yang cepat dari para pengguna teknologi canggih, aplikasi belanja online pun kini juga sangat mudah diunduh dari playstore. Mau cari baju model A hingga Z dengan harga serta kualitas oke? Tenang, bisa kita dapatkan di toko online #bukaniklan. Lagi, dalam dunia ekonomi perbankan, seorang customer tidak perlu repot harus bolak-balik ke bank untuk mengambil uang atau sekadar bertransaksi berupa transfer, membayar pajak listrik, voucher dan lain-lain. Mereka cukup datang ke mesin ATM terdekat dan memanfaatkan kartu digital yang telah dibuat. Mudah sekali bukan? Ya dong, digital gitu loh hehe. Bagaimana pembayaran lintas negara? Wauw, bahkan sekarang sudah marak layanan penyedia jasa transaksi yang menyediakan akses bagi para penggunanya di seluruh dunia lho!

    Masih seputar ekonomi, kira-kira dunia teknologi memberikan dampak apa lagi ya untuk masyarakat dalam negeri? Jawabannya adalah pekerjaan. Yaps, bagi mereka yang belum atau sedang mencari pekerjaan dapat memanfaatkan berbagai aplikasi pencari kerja di internet. Di sana para pencari kerja dapat survive untuk menstabilkan kondisi perekonomian yang diangga kurang baik, sebab dalam dunia teknologi yang serba canggih ini—bekerja tak harus kantoran, rumahan juga dapat dilakukan bila serius menekuni dunia maya rasa nyata ini #Tsah

  3. Sektor transportasi
    Menengok sektor transportasi, saya masih tidak percaya bahwa jasa sekelas ojek, taksi dapat dipesan secara online dan dikemas lebih praktis namun savety. Dijanjikan fasilitas nyaman, transportasi yang mengandalkan perkembangan teknologi ini rupanya juga diciptakan oleh anak bangsa yang peduli dan tanggap akan keluhan para penggunannya. Mereka beramai-ramai mendirikan sebuah perusahaan jasa online yang khusus diperuntukkan dalam bidang transportasi. Meskipun belakangan ini sering kisruh, namun satu fakta yang tidak dapat dielakkan adalah kemudahan akses dan keunggulan jasa tersebut mengalami peningkatan bahkan memengaruhi pihak lain untuk membuat terobosan serupa. Hal yang sama juga dilakukan oleh pihak maskapai penerbangan hingga penyedia jasa travel. Sekarang kita tidak perlu lagi memesan tiket di tempat atau mencari travel ke sana ke mari sampai-sampai menghabiskan bahan bakar karena sibuk survey. Jangan ya! Cukup gunakan internet lalu cari deh layanan transportasi yang diinginkan.
  4. Sektor organisasi nirlaba

    salah satu karya anak bangsa dalam dunia teknologi sebagai aksi kemanusiaan

    Sektor satu ini masih terbilang baru, namun responnya sangat luar biasa. Reaksi masyarakat sangat tidak terduga dengan adanya organisasi nirlaba yang memanfaatkan kekuatan internet. Seperti search engine yang tempo lalu dibuat oleh seorang gadis muda asal Indonesia khusus untuk mengumpulkan pundi-pundi amal dalam rangka membantu korban bencana di Aceh. Ternyata membantu saudara kita yang membutuhkan bisa juga menggunakan kekuatan teknologi ya.. persis seperti kata Franklin; kalau mempelajari teknologi dengan serius pasti bisa menciptakan sesuatu yang bermanfaat. Besarnya partisipan dalam media sosial memang tidak dapat dipungkiri. Penyebaran informasi di media dikategorikan lebih cepat dibandingkan virus bahkan dalam waktu satu jam sebuah tulisan dapat dibagikan sebanyak seribu kali. Hal tersebut menandakan, penggunaan perangkat di Indonesia sudah mencapai taraf yang sulit terkendali. Semakin masyarakat terbuka dengan perkembangan teknologi, maka mereka akan berbondong-bondong mencari alternatif pendukungnya yakni gadget, akun media sosial, dan kebutuhan material berupa pulsa. Ketiganya saling berkaitan dengan kedua sektor sebelumnya. Melihat adanya kesempatan yang tinggi, maka tidak heran bila para pioneer sebuah website atau organisasi nirlaba gencar melakukan gebrakan baru yang mereka pikir dapat menghasilkan sesuatu, terutama untuk tujuan kemanusiaan. Satu postingan akan dibagikan oleh orang lain, kemudian disusul berikutnya dan terus bertambah hingga menggugah banyak kalangan untuk ikut bersuara.

    “Seharusnya dengan teknologi kita mampu berkarya hingga menanam benih di taman surga”

  5. Sektor kebudayaan
    Meskipun kebudayaan dan teknologi terkadang dipandang sebagai dua hal yang berlawanan, faktanya saat ini pengenalan kebudayaan dari suatu negara ke seluruh penduduk bumi di dunia dilakukan melalui beberapa cara. Di Indonesia sendiri misalnya. Untuk mempromosikan dan memperkenalkan potensi budaya serta pariwisata wilayah luar Jawa, pemerintah baik pusat atau daerah gencar mengadakan suatu kompetisi SEO, blogging artikel yang berguna menambah pengetahuan para pembaca tentang suatu kebudayaan wilayah Indonesia, khususnya bagian Tengah dan Timur. Sekali lagi, teknologi memainkan peran dominan dalam perkembangan zaman dan menciptakan peluang-peluang baru dalam sebuah sektor.
  6. Sektor rumah tangga

    Ilust by Nisakaje (additional from google)

    Tidak kalah dari sektor ekonomi, dalam sebuah rumah tangga yang sudah mulai melek teknologi, semua aktivitas bisa dilakukan di bawah trik dan tips. Sebagai contoh nyata di keluarga teman saya, orang tuanya yang bekerja di bidang IT menggunakan smartphone miliknya untuk mengatur AC, mengganti channel televisi digital dan sejenisnya. Mereka juga memasang CCTV di halaman depan untuk memperketat keamanan rumah. Berbeda dengan kakak saya yang memanfaatkan google maps untuk bepergian atau sekadar pergi ke rumah sanak saudara yang jauh. Tidak hanya itu saja, perkembangan teknologi yang mendunia membuat seseorang mampu berkonsultasi online menggunakan smartphone atau laptop tanpa harus tatap muka, Baik itu masalah kesehatan atau seputar mencari soulsi demi kepentingan rumah tangga semata.

Dari gambaran enam sektor di atas, saya menyimpulkan bahwa bentuk perkembangan teknologi yang positif dapat diukur bila tepat sasaran ketika digunakan pada tempat dan bidangnya masing-masing. Kendati bermanfaat, dalam perkembangan teknologi pun diiringi oleh sejumlah dampak negatif akibat ulah oknum yang tidak bertanggung jawab. Kita memang diharuskan berhati-hati untuk mengelola kebutuhan yang bergantung pada kecanggihan sistim karena di atas orang pandai tentu masih banyak yang lebih cerdas. Bermanfaat atau tidak tentu terletak pada si pengguna. Sebab kita pasti akan bertanggung jawab atas apa yang kita ciptakan atau apa pun yang kita gunakan. So, untuk menjadi seorang perintis usaha, arsitektur, businessman atau lainnya kita dapat mempertimbangkan aspek teknologi yang menguntungkan tersebut sebaik mungkin serta sesuai aturan-aturan yang berlaku ya guys 🙂