Tag

, , , , ,

Banyak yang beranggapan bahwa bulan puasa ini bisa jadi waktu yang tepat untuk menurunkan berat badan. Kamu sempet kepikiran kayak gitu juga nggak? Tapi program ini rupanya tak semudah yang dibayangkan lho! Sebab, kita tidak bisa menampik ya kalau hendak berbuka puasa, banyak banget makanan yang tersaji di atas meja. Mulai dari gorengan, manisan, masih ditambah makanan-makanan berat lainnya. Waduh, gimana berat badan mau turun ya? Yang ada justru sebaliknya! Padahal kan usai puasa menyambut lebaran dan penampilan harus lebih sehat dan oke supaya lebih mudah dalam memilih baju. Tapi, kamu nggak perlu khawatir, cobain deh cara di bawah ini:

Menetapkan Jumlah Makanan Berkalori Tinggi Yang Boleh Dikonsumsi

Brownie With NutsImage: unsplash.com

Pernahkah kamu melakukan metode ini sebelumnya? Kalau aku sering nih. Jadi setiap hari itu aku tidak selalu sama mengkonsumsi makanan berkalori tinggi dengan jumlah yang sama, melainkan harus disesuaikan dengan aktivitas. Kalau aktivitas malam nanti berat dan butuh banyak asupan makanan, maka 1-2 gorengan dibolehkan, tetapi jika aktivitas lebih banyak di kamar dan berdiam diri maka lebih baik cukup satu gorengan atau tidak sama sekali. Hal ini bertujuan agar kalori yang mengendap dalam tubuh tidak menjadi lemak, sehingga menyebabkan gemuk. Kalau buat aneka kue manis? cara kerjanya sama dengan gorengan tadi.

Utamakan Makanan Berserat

Free stock photo of food, plate, salad, healthyImage: pexels.com

Makanan berserat sangat penting dan memegang peranan utama lho dalam melancarkan proses pencernaan, terutama masalah BAB. Sebaliknya, jika kekurangan makanan berserat maka dapat terkena masalah pencernaan, kulit kusam, mudah ngantuk, dan sebagainya. Misalkan saja nih sulit melakukan BAB, tentu kita tahu bagaimana keadaan perut kan? terlihat besar dan terasa penuh. Belum lagi kita nggak tahu, makanan yang sudah kita santap benar-benar berdampak buruk atau enggak buat tubuh. Nah, di sinilah letak kelebihan makanan berserat, selain membantu mengurangi penumpukan racun, juga membantu program penurunan berat badan kita. Pengalaman saja seperti ibuku, beliau membeli obat peluruh lemak karena kerap susah BAB (Buang Air Besar). Katanya obat tersebut membuang seluruh racun yang mengendap dalam usus melalui feses. Padahal, normally buang air besar pada manusia adalah sehari satu kai setiap pagi. Kendati begitu, dari pada pada ketergantungan obat, lebih baik gunakan cara alami yang lebih sehat.

Hindari Tidur Pagi Setelah Sahur


White Bed Linen
Image: pexels.com

Ini adalah hal yang harus kamu hindari dan jangan pernah dilakukan sekali pun kecuali darurat seperti usai melaksanakan lembur. Tidur pagi setelah sahur atau subuh akan membuat seluruh kalori dan gula yang disantap dalam bentuk nasi dan lauk mengendap begitu saja menjadi lemak, karena tidak diubah menjadi energi. Akibatnya, jika dilakukan secara terus menerus maka mampu menaikkan berat badan dan memicu penyakit diabetes. Sebaiknya usai sahur atau salat subuh, hendaknya melakukan pekerjaan rumah atau olah raga ringan supaya badan tampak prima.

Olah Raga atau Melakukan Pekerjaan Rumah

Aku tidak selalu melakukan keduanya dalam sehari, tetapi tergantung dengan kebutuhan tubuhku. Apalagi bila dikaitkan dengan menurunkan berat badan saat puasa, maka lakukan salah satunya. Ketika banyak pekerjaan rumah yang harus diselesaikan aku memilih untuk tidak olah raga, sebab seluruh aktivitas tersebut juga masuk bagian membakar kalori. Misalkan saja, mengepel lantai dapat membakar kalori sebanyak 108-240. Mencuci piring dapat membakar kalori 110, dan membersihkan kaca juga dapat membakar kalori sejumlah 150 bahkan lebih. Selama pembakaran kalori terus berjalan, maka kemungkinan tubuh untuk gemuk juga semakin menipis. Begitu juga dengan ola raga, saat pekerjaan rumah tidak ada maka lakukan beberapa kegiatan seperti jogging pagi, senam aerobik, dan sejenisnya. Jangan menekankan seberapa besar olah raga tersebut, tetapi lebih condong pada rutinitasnya.

Ganti Minuman Manis Dengan Air putih

Mau berat badan segera turun memang butuh perjuangan dan kedisiplinan. Salah satunya adalah mengganti minuman manis seperti sirup, teh manis, dan sejenisnya dengan air putih. Lalu gimana caranya mengembalikan stamina tubuh usai seharian penuh puasa? Makanlah 3 buah kurma. Selain merupakan sunnah Nabi, kurma juga akan membantu menyegarkan tubuh kembali, sehingga tidak perlu ditambah dengan minuman manis lainnya yang akan menambah asupan kalori dan gula dalam tubuh.

Beri Jarak Ketika Hendak Makan Besar

Usai menyantap kudapan untuk membatalkan puasa saat berbuka, tentu kamu masih pengen menyantap makanan besar kan? Nah, soal ini jangan terburu-buru ya. Sisakan beberapa waktu, minimal 20 menit agar tubuh mencerna makanan yang sudah masuk terlebih dahulu. Setelah itu barulah makan. Biasanya lebih baik dilakukan usai salat maghrib berjamaah. Namun tetap harus ingat ya, makanlah secukupnya jangan berlebihan.

Dari serangkaian metode yang kujalani di atas, berat badanku turun hingga 1/2 KG dalam waktu 11 hari. 

Iklan