Tag

, , , , ,

  1. Makan buah
    Makanan yang berbeda dicerna dengan kecepatan yang berbeda pula. Jika ingin mengkonsumsi buah maka makanlah 45 menit hingga 1 jam sebelum makan nasi. Konsumsi buah sebelum makan akan membuat pencernaan bekerja maksimal dan buah-buahan yang dikonsumsi lebih mudah untuk dicerna. Apabila terpaksa harus makan buah setelah makan, maka konsumsilah buah 2 jam setelah makan nasi, karena jika dilakukan setelah makan nasi atau makan makanan berat maka buah tersebut tidak akan tercerna dengan baik, akibatnya membuat perut kembung.
  2. Minum Teh
    Teh menyisakan zat asam dan akan mempengaruhi proses pencernaan. Jika mengkonsumsi makanan yang mengandung protein, maka asam yang berasal dari teh akan membekukan kandungan protein, sehingga akan sulit untuk dicerna. Meminum teh langsung setelah makan juga akan mennganggu penyerapan zat besi oleh tubuh. Hindari teh satu jam sebelum dan setelah makan.
  3. Tidur
    Saat tidur makanan tidak sepenuhnya dicerna secara sempurna, maka dari itu saat bangun tidur perut tetap merasa kenyang. Jika kegiatan ini dilakukan maka akan memperburuk kondisi perut.
  4. Mandi
    Mandi setelah makan akan menyebabkan naiknya darah yang mengalir ke tangan, kaki, serta tubuh, dan jumlah darah di sekitar perut akan menurun. Hal ini dapat melemahkan sistem pencernaan perut. Padahal jumlah darah di sekitar perut yang mengalir ke organ-organ lain selama mandi membantu proses pencernaan.
  5. Merokok
    Beberapa eksperimen dari para ahli menunjukkan bahwa satu batang rokok yang dihisap setelah  makan sama dengan merokok 10 kali lipat, hal ini dapat meningkatkan risiko terkena kanker. Di sisi lain merokok dapat membunuh tubuh secara pelan-pelan, dan seharusnya memang tidak merokok sampai kapanpun.

add references : najicom