Tag

, , , , , , , ,

Sudah tau fermipan? yaps, pengembang roti yang satu ini memang banyak mencuri minat para penggila pastry karena daya konsistensinya yang tinggi dan membuat roti mengembang begitu sempurna. Banyak yang menanyakan mengapa tidak ada label halal di kemasan fermipan yang diimport oleh PT SrBoga, ternyata ada penyebabnya sodara-sodara sebangsa setanah air. Jadi begini ceritanya,

Kemarin saya juga akhirnya terkena fenomena MEMBINGUNGKAN ini karena sudah terlanjur beli 3 bungkus dan TIDAK ADA LABEL HALALNYA. Saya pun bingung dan galau, berbagai pertanyaan muncul di benak saya. Kenapa? Fermipan yang diimport dari perusahaan yang sama tapi sebagian kardusnya ada label HALAL atau cap dari HFCE, tetapi sebagiannya lagi TIDAK ADA LABEL HALALNYA. Akhirnya saya browsing dan membaca pengertian di blog, di web manapun tapi tak kunjung mendapat jawaban juga, bahkan di fanspage halal pun para ibu hanya diberikan statement “Kalo tidak meyakinkan, tidak ada label halalnya, dan menimbulkan keraguan lebih baik ditinggalkan”. Jujur, saya juga seperti itu untuk kasus makanan instan, tetapi untuk hal ini saya memiliki pemikiran yang berbeda, seperti yang saya katakan di atas “Produk diimport oleh perusahaan yang sama tetapi kenapa sebagian ada label hal dan sebagian tidak”. Tentu ini membingungkan bukan? akhirnya saya memberanikan diri untuk bertanya di alamat email yang tercantum di dalam kardus kemasan, tetapi ternyata email tersebut sudah tidak aktif, dan Alhamdulillah Allah mempertemukan saya dengan alamat email milik konsultan SrBoga, namanya Mbak Shanti. Alhamdulillah dapat jawaban yang sangat gamblang dan membuka pertanyaan saya selama ini.

Jadi alasan mengapa sebagian kardus terdapat label halal dan sebagian tidak ada penyebabnya.
1. Kardus dengan label halal adalah produk dengan stock lama tetapi masih ada yang beredar di pasaran karena masih belum expired dengan masa konsumsi adl 2 tahun
2. Kardus YANG TIDAK ADA LABEL HALALnya adalah produk YANG JUSTRU STOCK TERBARU karena ijin yang dikeluarkan oleh BPOM baru dikeluarkan dan masa berlakunya sampai 8 oktober 2019. KENAPA DI KEMASAN TERBARU TIDAK ADA LABEL HALALnya? karena HALAL yang dimiliki oleh fermipan adalah dari HFCE (HALAL FOOD COUNCIL OF EUROPE) dan sudah keputusan dari BPOM bahwa LABEL tersebut tidak dapat dicantumkan di kemasannya karena yang diijinkan adalah yang dikeluarkan oleh MUI saja.

Baca Juga : Istri Suka Memasak Namun Suami Tidak Senang?

FYI : HFCE itu simple kalimat adalah badan penguji dan pengawas makanan HALAL yang ada di Eropa, kalo di indonesia ya seperti MUI .
Jadi kesimpulannya, Jika anda membeli produk dari PT Srboga, anda hanya akan menemukan tiga kemungkinan. Ada label “HALAL” /label “HFCE / TIDAK ADA LABELNYA SAMA SEKALI, TETAPI SEMUANYA TERJAMIN HALAL (dengan catatan ini berasal dari PT Sangra Boga karena saya tidak tahu produsen yang lain, jadi alangkah baiknya anda cermati terlebih dahulu fermipan yang anda beli diproduksi oleh PT mana dan sekali lagi cermati komposisinya.)

Selain itu, ini produk dari prancis, bukan china, korea, dsb. Tahu sendiri kan Prancis itu tampilan rotinya gimana?😀 bikin ngileeer wkwkkw

Catatan : Jika produk yang diproduksi mengandung babi, maka BPOM akan mencantumkan dalam kemasan bertuliskan “Mengandung Babi” (dan ini adalah fakta yang baru saja saya ketahui setelah membaca attachment yang diberikan oleh mbak Shanti).