1. Terkena Flu melalui Flu Shot
    Tidak, Kamu tidak akan tertular karena itu. Sungguh. Ini merupakan rumor yang sudah beredar lama dan rumor ini tidak akan hilang meskipun prasangka ini ikut dihilangkan. “Vaksin Flu terbuat dari partikel-partikel virus yang sudah mati, dan karena virus tersebut tidak hidup, virus itu tidak bisa menginfeksimu” Ujar Holly Phillips, M.D., Seorang dokter penyakit dalam di Kota New York dan Kontributor Media WCBS.  Bunyi yang keluar melalui hidung berdasarkan versi nasal spray  disebut sebagai FluMist (yakni FDA- yang dialami oleh anak-anak dan orang dewasa yang berumur antara dua puluhan dan 49 tahun yang sehat dan tidak hamil)  yang berisikan virus-virus yang sudah dilumpuhkan. Akan tetapi, hal tersebut tetap saja tidak dapat membuatmu sakit, Kata Dr.Phillips. Kesalahpahaman ini mungkin berasal dari fakta bahwa butuh waktu selama dua minggu bagi tubuhmu untuk membentuk antibodi hingga memvaksin dan sepenuhnya melindungimu. Jadi jika kamu terkena flu sebelum atau sesudah menyingkap/menggulung lengan bajumu, jangan salahkan hidungmu yang lembab dan tenggorokan yang sakit (istilahnya pancingen kalo orang jawa).

    Nb : Flu shot dan Nasal Spray merupakan vaksi influensa yang diberikan pada tubuh seseorang
    flushot

  2. Ibu Hamil Tidak Bisa Mendapatkan Flu Shot
    “Sebenarnya, Flu Shot sangat aman bagi ibu hamil, dan mendapatkan flu shot bahkan bisa melindungi si jabang bayi untuk kurun waktu beberapa bulan pertama, ketika si bayi nantinya tidak cukup umur untuk mendapatkan flu shot namun sangat mudah terserang penyakit, “Kata Dokter Phillips. (Bayi yang berumur 6 bulan  dapat diberikan vaksin) Antibodi karena vaksin tersebut tidak hanya melindungimu dari flu, vaksin-vaksin tersebut akan melundungi bayi kamu setelah lahir dan dapat diterima atau disalurkan melalui ASI. Menurut CDC, Kehamilan menyebabkan imun, jantung, dan paru-paru berubah karena dapat meningkatkan risiko bagi penyebab flu terburuk sekalipun, yang mana dapat mempengaruhi kehamilanmu. “Demam yang tinggi dan infeksi yang hebat dapat mengakibatkan gangguan komplikasi kehamilan dan bahkan kelahiran yang prematur”, Kata Dokter Phillips.
    pregnant-flushot
  3. Kamu Bisa mencegah Flu dengan Sering mencuci Tanganmu
    Jangan salah, mencuci tangan tidak cukup menghentikan atau mencegah flu. Infulensa tersebar ke udara melalui partikel air liur seseorang yang terkena flu. Partikel air itu dapat menghinggapimu dan masuk ke dalam hidungmu, mulut, dan mata. Kamu juga bisa terkena flu karena menyentuh permukaan yang kotor (Flu dapat aktif hingga di permukaan, menurut CDC), kemudian menyentuhkan tanganmu ke wajahmu. Jadi cuci tanganmu dengan sabun dan air dan hindari menyentuh mata, hidung, atau mulut. Penting juga untuk menjaga jarak 6 langkah kaki dari para penderita flu, karena partikel air tidak dapat menjangkaumu.
    flu-wash-hands
  4. Antibiotik Dapat Memerangi Flu
    Ini tidak benar, karena antibiotik tidak bekerja pada virus. Dokter Phillips mengatakan bahwa “sekali kamu terkena flu, maka kamu akan mulai merasa terbebani. Pencegahan flu dengan menggunakan flu shot merupakan pendekatan yang lebih baik.

Source : healthcom
trans by sunkissmooncom