Tag

, , , ,

Di beberapa unit usaha, fokus utamanya adalah pada laba yang pengukurannya dari hasil selisih antara beban dan pendapatan. Dan untuk unit usaha yang lain, laba tersebut dibandingkan dengan sebuah aktiva, yang nantinya akan digunakan untuk menghasilkan sebuah laba. Didalam dunia nyata, perusahaan lebih sering menyebutnya dengan istilah yaitu pusat laba, tetapi dalam bab ini akan sering disebut sebagai kata pusat investasi, untuk menyebut sebuah pusat tanggung jawab.
Pusat investasi mempunyai semua masalah pengukuran yang yang berguna untuk menentukan sebuah beban dan pendapatan. Pusat investasi ini menimbulkan sebuah permasalahan baru tentang bagaiman cara untuk mengukur aktiva yang akan digunakan, khususnya untuk aktiva mana yang akan dimasukan , Dan untuk bagaimana menilai sebuah aktiva tetap dan aktiva lancar, Sebuah metode penyusutan yang akan digunakan untuk aktiva tetap, kemudian aktiva perusahaan mana yang perlu dialokasikan dan kewajiban manakah yang perlu dikurangi.
Salah satu tujuan utama dari organisasi bisnis adalah untuk memaksimalkan tingkat pengembalian terhadap ekuitas pemegang saham,(adalah tentang nilai sekarang bersih dari arus kas di masa yang akan datang). Dengan Menghitung tingkat pengembalian adalah sebuah cara pengukuran yang paling bagus atas kinerja para manajer di tiap unit usaha. Nilai tambah ekonomis atau sering disebut (econmic value added atau EVA) secara konsep mempunyai sebuah keunggulan daripada nilai yang lain seperti tingkat pengembalian investasi yang disebut (return of investmen atau ROI) untuk mengevaluasi kinerja para manajer – manajer yang berada di unit usaha. Dan untuk beberapa unit usaha , mempunyai fokus pada laba yang berasal dari selisih antara beban dan pendapatan

selengkapnya download download di sini