Tag

, , , , , ,

Sistem informasi dibangun untuk mencapai sebuah tujuan tertentu. Salah satu dari tujuan utama adalah memproses data menjadi informasi dan pengetahuan ekonomi. Data, atau data yang belum diubah mengarah pada deskripsi dasar dari produk, pelanggan, peristiwa, aktivitas, dan transaksi yang dicatat, diklasifikasikan, dan disimpan. Data merupakan bahan baku dari informasi yang diproduksi, kualitas, pengujian, dan penyatuan data harus mempertahankan penggunaan informasi. Informasi merupakan data yang telah diproses, dikumpulkan, atau dimasukkan ke dalam konteks dan membawa sebuah pemahaman, pengalaman, pembelajaran akumulasi, dan keahlian seperti menerapkannya ke dalam masalah atau aktivitas.

Jenis sistem informasi dan bantuan

Sistem informasi dapat diklasifikasikan ke dalam dua kategori umum berdasarkan jenis bantuan yang mereka sediakan yakni dukungan manajerial dan operasional.

Informasi diklasifikasikan menurut jenis bantuan sistem. Sistem memproses transaksi didesain menjadi proses yang pasti ke dalam ketikan data input dari transaksi yang terus menerus dilakukan. TPS sevara manual, seperti ketika data diketik menjadi sebuah bentuk di layar, atau secara otomatis dengan menggunakan mesin scanner atau sensor untuk menangkap data.

Perusahaan memproses data menggunakan TPS – pesanan penjualan, membayar upah, akuntansi, keuangan, pasar , pembelian, pengaturan persediaan, dan lain-lain. Transaksi :

  • Transaksi internal : transaksi yang mula-mula berasal dari  perusahaan. Contoh seperti penjualan, pembelian, anggaran transfer, dan pembayaran
  • Transaksi eksternal : transaksi yang mula-mula berasal dari luar perusahaan. Contohnya seperti pelanggan, pemasok, alat pengatur, distribusi, dan institusi keuangan. TPS merupakan sistem yang penting. Transaksi yang tidak dapat direkam dapat menghasilkan hilangnya penjualan, kecewanya pelanggan, dan ketikan data yang error

Data yang direkam ileh TPS akan diproses dan disimpan ke dalam database, yang kemudian dapat digunakan oleh sistem lain. Proses transaksi dilakukan dengan dua cara :

Batch processing : TPS memproses tumpukan data untuk mengumpulkan seluruh transaksi untuk satu hari, pergantian jam kerja, periode lain dan kemudia memproses dan menyimpan ke dalam data kemudian. Pembayaran upah, yang biasanya dilakukan mingguan atau  dua kali dalam seminggu dilakukan menggunakan cara batch.
Proses transaksi online  : Perangkat input atau websites harus secara langsung terhubung melalui jaringan .

 

Kulaitas Data. Memproses untuk memperbaiki kualitas data, yang sangat penting karena pada laporan dan keputusan ini sebaik data yang mereka  artikan. Seperti data yang telah dikumpulkan atau direkam, hal ini untuk mengesahkan temuan dan membenarkan kesalahan serta  kelalaian.

 

Tujuan pelaporan sistem secara umum sering disebut sistem Informasi Manajemen (SIM). Tujuan mereka adalah menyediakan laporan untuk operasional manajer demi pekerjaan, pengawasan, dan pengendalian.

Secara khusus, fungsi sistem menyediakan laporan pada topic seperti operasional secara efisiensi, efektif, dan memproduksi dengan cara menyadap informasi dari database dan memproses sesuai dengan peryaratan pengguna. Jenis laopran seperti :

  • Periodic : laoporan ini dibuat atau dieksekusi dalam sesuai dengan mengantisipasi jadwal, seperti kegiatan sehari-hari, mingguan, atau bulanan. Laporan dengan mudaj dikirm melalui email, blog, website atau media elektronik lainnya.
  • Pengecualian : laporan pengecualian dihasilkan hanya ketika ada sesuatu dari luar norma, yang lebih tinggi atau rendah dibandingkan yang diharapkan.
  • Ad hoc : laporan khusus menghasilkan sebuah laporan . Mereka merencanakan untuk  menyaringnya atau mencetak. Decision support systems ( DSS ) merupakan aplikasi interaktif yang membantu membuat keputusan. DSS dapat membantu menganalisis dan menyelesaikan masalah utama, mengevaluasi kesempatan strategi, atau mendukung jalannya operasi. Sistem ini membantu memutuskan dari tidak terstruktur dan semi struktur hingga berkembang dan memperkenalkannya ke dalam pasar.

3 pendefinisian dari karakteristik DSS. Yakni :

  1. Mudah menggunakan hubungan interaktif
  2. Model tersebut memberikan  analisa dengan sensitive, apa  itu analisis, mencari tujuan, dan resiko analisis.
  3. Data dari kedua database interna dan sumber eksternal, ditambahkan oleh pembuat keputusan.

 

(Efraim turban and Linda Volonia.2011. Information technology for management : Improving strategic and operasional permormance. 8th edition.Singapore. John Wiley and Sous)

 

diterjemahkan oleh Sunkissmooncom @nisakaje.wordpress.com