Tag

, , , , , , ,

apa yang anda lakukan ketika ingin mengendarai motor? pasti siap-siap berdo’a dulu ya..do’a sebelum mengendarai motor membuat kita dijaga oleh malaikat Allah sampai tujuan, ^^ well langsung saja ya viewers, saya mau berbagi tips saja karena melihat kondisi sekitar akhir-akhir ini.
Ketika anda mengendarai motor, ada beberapa hal yang harus anda perhatikan, baik sebelum mengendarai motor atau saat mengendarai motor di jalan raya.
berikut cuplikan tulisannya :

  • pastikan motor dalam keadaan seht wal’afiat ya, maksudnya ban pada kapasitas baik dan nyaman dikendarai
  • Jangan lupa pakai helm dan tali pengikatnya direkatkan supaya aman melindungi kepala, melihat karena banyak remaja yang gengsi melakukan ini, entah faktor apa tetapi pada kenyataannya ketika saya melihat banyak terjadinya kecelakaan lalu lintas, terutama korban adalah pengguna sepeda motor tidak merekatkan tali pengikat helm. Keselamatan jauh lebih penting dibandingkan gengsi belaka .
  • sebelum tancap gas, tanamkan do’a terlebih dahulu pada diri anda agar selamat dalam perjalanan, insyaAllah.
  • ketika melewati desa, usahakan kecepatan standar antara 20-40 km/jam saja, karena desa rawan anak-anak dan hal tersebut agar kita menghormati penduduk sekitar.
  • Apabila anda sudah melaju di jalan raya, tingkatkan kewaspadaan anda. Mengendarai motor ibarat kita bermain game, sekali lengah maka game over atau ketika masih ada sisa nyawa anda akan terselamatkan. Beri jarak antara motor anda dengan mobil di depan kendaraan anda, apabila jarak terlalu dekat anda harus sangat jeli dan hati-hati agar ketika anda mengerem tidak merugikan pengendara belakang anda.
  • Marka lurus tidak boleh dilanggar, marka itu garis lurus yang ada di tengah jalan, jadi kalo marka putus-putus anda boleh menyalip melewati sisi kanan, dengan tidak lupa sambil menyalakan lampu riting. Pastikan ketika anda mendahului, gunakan feeling anda apakah jarak kecepatan antara kendaraan anda dan kendaraan dari arah berlawanan tidak memadai, maksudnya adalah ketika hati anda mengatkan bahwa jarak kendaraan dari arah berlawanan masih jauh dan anda yakin bisa mendahului maka lakukanlah, namun jika tidak atau anda ragu maka jangan lakukan.
  • Ketika kecepatan 40 km/jm di jalan raya, anda jangan mengendarai motor di tengah jalan karena akan menggaggu pengendara dibelakang, kecuali anda sedang berada dibelakang bus atau mobil
  • Terutama yang memiliki pacar, maksudnya ketika perempuan dan laki-laki berjejer mengendarai motor dan mengobrol di jalan raya itu merupakan hal yang salah mengingat mengganggu kendaraan terutama yang beroda empat dan dua.
  • Ketika ingin belok ke kiri atau kanan, jauh dari belokan anda harus cepat-cepat menyalakan lampu riting, karena jika nada melakukan ini pada jaraj yang sudah sangat dekat dengan belokan makan dianggap menadadak dan bisa membahayakan diri anda sendiri dn oranglain.
  • Jika anda melihat ada lansia atau kakek-kakek yang ingin menyeberang jalan, sebaiknya anda mengalah untuk berhenti sejenak dan meluangkan waktu untuk menyeberangkannya.

Tips diatas tidak bisa menghindarkan anda dari kecelakaan, karena umur seseorang sudah ditentukan olah Allah SWT. Terkadang kita sudah hati-hati namun oranglain yang tidak berhati-hati, maka kita mulai dari diri sendiri dulu, semoga bermanfaat ya viewers🙂