Tag

, , , , , , ,

Jangan berpikir aneh aneh ya gan sist, ane belum nikah apalagi punya anak -_-.
Ane bakal berbagi seputar pengalaman ane ngasuh bayi dan balita nih, jadi ente-ente yang mau nikah secara dini silahkan dipersiapkan secara matang baik fisik maupun rohani ya. Ane punya dua adek nih cowok sama cewek dan 1 keponakan dari tante syam 1 namanya akbar(anak terakhir) dan thoriq keduanya ane yang ngurus, dua duanya waktu kecil gemesin gan sist, kalem, pemalu…lah gedenya Astaghfirullah gan..bandelnya pada gak ketulungan, apa karna ane yang ngasuh dulu ya?wkwkkwk. langsung aja ya gan sist, jadi ha pertama yang ane pelajarin waktu nagsuh bayi adalah cara menidurkan mereka dan bikinin susu, soalnya ibu ane waktu itu masih kerja jadi terpaksa minum susu kaleng, tapi lebih bagus susu dicampur madu asli gan sist biar nutrisinya lengkap, susu kaleng kan beda sama ASI.

Cara menidurkan mereka gampang-gampang susah sist, pertama kita harus nyari suasana yang tenang, sejuk dan enggak panas/ungkep, karena eh karena kalo mereka ditimang atau digendong di suasana kayak gitu, bakal muyek alias mereka gak nyaman dan ujung-ujungnya malah nangis. Tau sendiri kalo mereka nagis, bahkan dibikinin susu pun belum tentu diem (sering ane alamin dan bikin jam tidur siang ane ilang melayang total). Ditambah kalo mereka udah tidur, tidurnya enggak selama kalo kita tidur, bahkan kadang tidur digendongan tapi kalo diletakkin ditempat tidur, bangun dan nangis (sumpah, dulu waktu itu ane mikir “bocah bisa punya indra keenam gini” sampe diletakkin di tempat tidur aja tau dia). Mau marah juga marah sama siapa, belajar sabar dan memahami keadaan ketika dititipin anak dan sebisa mungkin jalankan amanah sebaik -baiknya, itu adalah hal yang perlu anda pelajari.

Kedua, bikinin susu. Bikin  susu gampang, tinggal masukin ke dot, kasih gula dikit  tambah air anget setengah air dingin setengah, jadi deh, tapi abis itu ente gak bisa langsung masukin ke mulut bayi, air susu dalam dot harus ente tetesin ke telapak tangan dulu, panas atau kagaknya harus dicek. Ukuran panas kita sama ukuran panas menurut bayi itu beda, jadi lebih baik agak ke arah dingin susunya, nah disitu insting ente sbg ibu harus ente pakai sist..(memang ribet ya, udah nyita waktu makan kita, main kita tapi dari situ ente banyak belajar dari bayi-bayi seperti mereka).

Ketiga, cara gendong bayi. Inget ye gan sist, kalo bayi ente masih umurnya kurang dari satu tahun jangan coba -coba gendong seperti ente gendong anak umur dua tahun, bayi yang umurnya masih kurang dari satu tahun tulang lehernya masih rawan, jadi ati-ati kalo sampe mereka “kecekluk” bahaya itu buat perkembangan tulang si bayi nantinya. Susah kan ya jadi ibu walopun sementara? banyak banget aturan yang harus kita pelajari. Nah, bayi itu memang paling suka digendong karna gendongan tangan kan enggak monoton alias kita enggak mungkin cuma diem aja, tapi juga melakukan gerakan. Gendong bayi yang umurnya masih kurang dari 1 tahun memang paling aman pake jarik ato enggak kain khusus gendong gan sist..lebih aman dan kitanya juga enggak repot. tapi ati-ati ya kalo gendong. ^^

Keempat, cara ganti popok kain. Jaman dulu popok modern alias popok yang dijual di supermarket belum booming kayak sekarang gan sist, jadi harus pake popok kain, nah dulu ane awalnya jijik kalo lagi digendong mereka pup dan akhirnya bikin baju kita kuning dan bau (artinya kita harus ganti baju, dan cucian nambah). Diumur mereka yang masih rentan, harus ati-ati gan kalo megang tubuh mereka, kalo ente mau ganti popok, pertama si bayi harus ente letakin diatas alas ato tempat tidur dan tentunya ada “perlak” ato alas khusus bayi ya, setelah itu ente bersihkan pupnya dengan cara memakai popoknya sendiri diusapkan ke bagian belakang itu, dan sedikit percikan air pada bagian yang terkena pup, jangan lupa tambahkan bedak ya gan sist, biar wangi dan si bayi nyaman. nah setelah itu baru ente pakaikan popok yang baru. (Bau bayi adalah bayi yang paling ane suka gan).

Kelima, cara Mandiin bayi, Allahuakbar yang ini ribet banget gan sist..nglepas baju aja ribetnya setengah mati, dan tangan si bayi kan aktif banget, tau sendiri. Ketika ente mandiin bayi, tangan ente harus cukup buat ngraih antara bagian kepala bayi sama badan tengannya, ha ini supaya kepala bayi ketika dimandikan di dalam bak khusus bayi tidak terkena air. nah waktu bayi mandi sedia waslap ya gan sist, itu lho handuk kecil yang ada jalur masuk buat tangan kita,jadi kalo mandiin tinggal usap waslap buat bilas tubuh bayi yang udah dimandiin tadi.

Oke, gan sist sementara ane share pengalaman ane yang in sist, bayangin aja ya, 5 ini aja udah susah dan repotnya minta ampun. Dari hal ini ente bisa ngambil hikmah sendiri ya, bahwa orangtua menjagamu sangat dengan hati-hati. Mereka mengorbankan waktunya hanya untuk merawatmu. Membuatmu menangis menjadi tertawa, menahan emosi dan keegoisan mereka hanya untuk melihatmu tenang dan tumbuh terawat. Jadi, apa yang udah ente lakuin buat orangtua ente masing-masing? (jawaban ada di diri ente sendiri gan sist). Selagi ada orangtua, rawatlah mereka sebisa dan semampumu dengan tenagamu, sebisa mungkin patuhi perintahnya dan dengarkan nasehatnya, jangan mengecewakan mereka dengan kesaahan yang sama, dan bila ha itu terjadi berusahalah memperbaikinya, jangan membentak orangtua, apalgi berkata kasar pada mereka, karena selagi kamu bayi mereka tidak membentak atau memarahimu, justru ketika kamu bayi dan rewe mereka menggodamu dengan candaan yang mereka buat sendiri agar kamu merasa tenang dan ebih baik. Ibu, ibu, ibu adalah satu-satunya wanita yang benar-benar harus kamu hormati setelah ayahmu. Ketika orangtua marah, dengarkan dan resapi, mereka marah bukan tanpa sebab pasti ada alasan, dan ketika suasana menjadi tenang silahkan kamu bicarakan baik-baik pada mereka berdua. selamat menjeang HARI IBU🙂