Menjaga keamanan barang barang kita di dalam kos memang sangat penting, apa lagi jika barang itu berharga. Maraknya pencurian yang sering dialami oleh penghuni kos yang kebanyakan dari kalangan mahasiswa membuat mereka harus ekstra hati hati dalam menjaga keamanan lingkungan kos, terutama kamar sendiri. Pencurian tersebut terjadi ketika penghuni sedang keluar melakukan aktivitasnya. Berikut tips yang bisa digunakan untuk meminimalisir pencurian atau perampokan di kos anda tercinta :

1.

Pastikan kerja sama dengan ibu/ bapak kos jika mereka berada dalam satu lingkungan,   atau bisa bekerja sama dengan penghuni kos lainnya untuk saling menjaga keamanan kos anda.

2.

Pastikan bahwa sebelum meninggalkan kos anda tidak menaruh barang barang
berharga seperti laptop, handphone, dsb di tempat yang mudah ditemukan oleh sang
pencuri. Aha, anda dapat meletakkan laptop dibawah bantal atau dibawah selimut,
karena banyak pencuri tidak menyadari hal ini dan mereka cenderung menggeledah
tempat-tempat yang mereka pikir bersifat rahasia/privasi.

3.

Buatlah tulisan dikertas dengan kata kata sebagai berikut “Kalau ingin maling jangan kamar saya, barang berharga sudah saya titipkan tetangga”😀

4.

Jika anda memiliki uang saku lebih, anda bisa membeli alarm pintu yang berbentukseperti audio. Alarm tersebut memiliki lekatan dibelakangnya dan bisa ditempel di dua tempat, misalnya bagian satu bisa ditempel di pintu, sisi satunya lagi bisa dipasang di seberang pintu, jika alarm tersebut anda aktifkan maka akan berbunyi seperti bel dengan suara yang kencang. Anda bisa dapatkan di supermarket atau toko khusus peralatan rumah.

alarm pintu dan jendela

alarm pintu dan jendela

5.

sebelum anda meninggalkan kamar kos, pastikan pintu sudah anda kunci dan gorden
jendela sudah anda tutup.

6.  Berdoalah dan beramalah agar kos anda aman dari pencurian

semoga tips ini bermanfaat🙂